Selasa, 02 Juni 2015

Pantai Cakang Galang Baru

Hari itu tanggal 31 Mei 2015,jam 10 pagi kurang 15 menit. Cuaca sudah begitu panas dan mentaripun sudah bersinar dengan terik, sesuai rencana kami sebelumnya, tepat jam 10 kami sekeluarga mau berangkat jalan jalan ke pantai. Pantai mana sebenarnya belum pasti yang jelas arah barelang lah bukan nongsa. Karena di batam pantai itu identik arah ke barelang atau ke arah nongsa sana, ada juga yang lain arah sekupang yaitu pantai Tanjung Pinggir. Setelah yakin pintu dan jendela telah terkunci semua, kami pun dengan penuh semangat tancap gas motor honda beat biru putih kesayangan menuju TKP. Tak lupa mampir dulu ke spbu terdekat untuk isi minyak full tank biar tak khawatir kehabisan minyak di jalan. Oke... singkat kata singkat cerita kami pun tiba di jembatan 1 barelang, niat berhenti sejenak muncul di benak ini. Maklum,jembatan barelang adalah salah satu tempat yang menjadi ikon kota batam yang menawarkan pemandangan yang elok dan menawan di kota batam. Namun niat ini kami urungkan nanti mampir kalau perjalanan pulang saja dalam hatiku. Pulau batam berlalu, pulau Tonton, Nipah, Setokok, semua lewat. Ketika memasuki Pulau Rempang sempat terbersit keinginan untuk menghentikan laju motor dan merapat ke pantai melayu. Tapi ah... tanggung , mending ke pulau Galang sekalian. Disana banyak pantai juga, cantik caktik lagi pantainya. Ada pantai Mirota, pantai Melur, dan obyek wisata Kampung Vietnam yang terkenal itu. Akhirnya ...jadi deh kami putuskan untuk untuk meluncur ke pulau yang menjadi destinasi wisata terujung di kota batam. Dialah pantai Cakang di pulau Galang Baru.Tapi orang biasa menyebutnya pulau Barelang ujung atau Pulau Ujung. Sebelum tiba di lokasi, disepanjang jalan kami disuguhi pemandangan yang sungguh sungguh indah dan kami pun sesekali menyempatkan diri untuk berfoto foto ria.


Satu setengah jam berlalu, kami pun tiba di lokasi. Di pulau galang baru yang “hanya” berjarak 100 km pusat kota itu memang menawarkan keindahan alam yang mempesona. Berbeda dengan pantai pantai pada umumnya yang banyak menghadirkan hamparan pasir putih yang luas membentang, pantai cakang banyak didominasi hamparan batu karang. Gugusan batu karang yang menyembul di sepanjang pantai tak sedikitpun mengurangi keindahan dan niat untuk menjelajahh obyek wisata pantai tersebut. Jika anda mengajak si buah hati tak perlu risau, karena area pantai berpasir juga tetap ada jadi kalau tak usah khawatir kawan .

Kalau anda hobi memancing jangan ragu untuk membawa joran anda, karena disana anda tidak akan sendirian. Anda akan ditemani atau menemani para mancing mania yang sudah terlebih dahulu berada disana berbaris rapi di sepanjang pantai berkarang itu.

Soal kejernihan airnya tak perlu diragukan lagi, namanya juga pantai karang, beda dengan pantai yang berlumpur yang bikin air keruh. Sampah sampah pun tak nampak berserak di pantai, entah karena lokasinya di ujung daratan sehingga jauh dari pemukiman warga atau memang kesadaran pengunjung yang tidak membuang sampah sembarangan. Yang jelas enaklah kalau kesana. Air laut jernih cocok buat mandi, ikan banyak cocok buat kita mancing, dan sensasi perjalanan yang luar biasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar